Monday, April 6, 2009

Ahli Surga dan Ciri-Cirinya.

Dari : Lokman Hakim Bin Zainudin
Ahli Surga dan Ciri-Cirinya


Setiap insan tentunya mendambakan kenikmatan yangpaling tinggi dan abadi. Kenikmatan itu adalah Surga.Di dalamnya terdapat bejana-bejana dari emas danperak, istana yang megah dengan dihiasi beragampermata, dan berbagai macam kenikmatan lainnya yangtidak pernah terlihat oleh mata, terdengar olehtelinga, dan terbetik di hati.

Dalam Al Qur’an banyak sekali ayat-ayat yangmenggambarkan kenikmatan-kenikmat an Surga.Diantaranya Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

“(Apakah) perumpamaan (penghuni) Surga yang dijanjikankepada orang-orang bertakwa yang di dalamnya adasungai-sungai dari air yang tidak berubah rasa danbaunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubahrasanya, sungai-sungai dari khamr (arak) yang lezatrasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai dari maduyang disaring dan mereka memperoleh di dalamnya segalamacam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka samadengan orang yang kekal dalam neraka dan diberiminuman dengan air yang mendidih sehinggamemotong-motong ususnya? ” (QS. Muhammad : 15)

“Dan orang-orang yang paling dahulu beriman, merekalahyang paling dulu (masuk Surga). Mereka itulah orangyang didekatkan (kepada Allah). Berada dalam Surgakenikmatan. Segolongan besar dari orang-orang yangterdahulu dan segolongan kecil dari orang-orang yangkemudian. Mereka berada di atas dipan yang bertahtakanemas dan permata seraya bertelekan di atasnyaberhadap-hadapan. Mereka dikelilingi oleh anak-anakmuda yang tetap muda dengan membawa gelas, cerek, dansloki (piala) berisi minuman yang diambil dari airyang mengalir, mereka tidak pening karenanya dan tidakpula mabuk dan buah-buahan dari apa yang mereka pilihdan daging burung dari apa yang mereka inginkan.” (QS.Al Waqiah : 10-21)

Di samping mendapatkan kenikmatan-kenikmat antersebut, orang-orang yang beriman kepada AllahTabaraka wa Ta’ala kelak akan mendapatkan pendamping(istri) dari bidadari-bidadari Surga nan rupawan yangbanyak dikisahkan dalam ayat-ayat Al Qur’an yangmulia, diantaranya :

“Dan (di dalam Surga itu) ada bidadari-bidadari yangbermata jeli laksana mutiara yang tersimpan baik.”(QS. Al Waqiah : 22-23)

“Dan di dalam Surga-Surga itu ada bidadari-bidadariyang sopan, menundukkan pandangannya, tidak pernahdisentuh oleh manusia sebelum mereka(penghuni-penghuni Surga yang menjadi suami mereka)dan tidak pula oleh jin.” (QS. Ar Rahman : 56)

“Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.”(QS. Ar Rahman : 58)

“Sesungguhnya Kami menciptakan mereka(bidadari-bidadari) dengan langsung dan Kami jadikanmereka gadis-gadis perawan penuh cinta lagi sebayaumurnya.” (QS. Al Waqiah : 35-37)
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam menggambarkankeutamaan-keutamaan wanita penduduk Surga dalam sabdabeliau :

“ … seandainya salah seorang wanita penduduk Surgamenengok penduduk bumi niscaya dia akan menyinariantara keduanya (penduduk Surga dan penduduk bumi) danakan memenuhinya bau wangi-wangian. Dan setengah darikerudung wanita Surga yang ada di kepalanya itu lebihbaik daripada dunia dan isinya.” (HR. Bukhari dariAnas bin Malik radliyallahu ‘anhu)
Dalam hadits lain Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi WaSallam bersabda :

Sesungguhnya istri-istri penduduk Surga akan memanggilsuami-suami mereka dengan suara yang merdu yang tidakpernah didengarkan oleh seorangpun. Diantara yangdidendangkan oleh mereka : “Kami adalah wanita-wanitapilihan yang terbaik. Istri-istri kaum yang termulia.Mereka memandang dengan mata yang menyejukkan.” Danmereka juga mendendangkan : “Kami adalah wanita-wanitayang kekal, tidak akan mati. Kami adalah wanita-wanitayang aman, tidak akan takut. Kami adalah wanita-wanitayang tinggal, tidak akan pergi.” (Shahih Al Jami’nomor 1557)

Apakah Ciri-Ciri Wanita Surga

Apakah hanya orang-orang beriman dari kalanganlaki-laki dan bidadari-bidadari saja yang menjadipenduduk Surga? Bagaimana dengan istri-istri kaumMukminin di dunia, wanita-wanita penduduk bumi?

Istri-istri kaum Mukminin yang beriman kepada Allahdan Rasul-Nya tersebut akan tetap menjadi pendampingsuaminya kelak di Surga dan akan memperoleh kenikmatanyang sama dengan yang diperoleh penduduk Surgalainnya, tentunya sesuai dengan amalnya selama didunia.

Tentunya setiap wanita Muslimah ingin menjadi ahliSurga. Pada hakikatnya wanita ahli Surga adalah wanitayang taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Seluruhciri-cirinya merupakan cerminan ketaatan yang diamiliki. Diantara ciri-ciri wanita ahli Surga adalah :

1. Bertakwa.

2. Beriman kepada Allah, Malaikat-Malaikat- Nya,Kitab-Kitab- Nya, Rasul-Rasul- Nya, hari kiamat, danberiman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.

3. Bersaksi bahwa tiada ilah yang berhak disembahkecuali Allah, bersaksi bahwa Muhammad adalah hambadan Rasul-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat,berpuasa di bulan Ramadlan, dan naik haji bagi yangmampu.

4. Ihsan, yaitu beribadah kepada Allah seakan-akanmelihat Allah, jika dia tidak dapat melihat Allah, diamengetahui bahwa Allah melihat dirinya.

5. Ikhlas beribadah semata-mata kepada Allah, tawakkalkepada Allah, mencintai Allah dan Rasul-Nya, takutterhadap adzab Allah, mengharap rahmat Allah,bertaubat kepada-Nya, dan bersabar atas segalatakdir-takdir Allah serta mensyukuri segala kenikmatanyang diberikan kepadanya.

6. Gemar membaca Al Qur’an dan berusaha memahaminya,berdzikir mengingat Allah ketika sendiri atau bersamabanyak orang dan berdoa kepada Allah semata.

7. Menghidupkan amar ma’ruf dan nahi mungkar padakeluarga dan masyarakat.

8. Berbuat baik (ihsan) kepada tetangga, anak yatim,fakir miskin, dan seluruh makhluk, serta berbuat baikterhadap hewan ternak yang dia miliki.

9. Menyambung tali persaudaraan terhadap orang yangmemutuskannya, memberi kepada orang, menahan pemberiankepada dirinya, dan memaafkan orang yangmendhaliminya.

10. Berinfak, baik ketika lapang maupun dalam keadaansempit, menahan amarah dan memaafkan manusia.

11. Adil dalam segala perkara dan bersikap adilterhadap seluruh makhluk.

12. Menjaga lisannya dari perkataan dusta, saksi palsudan menceritakan kejelekan orang lain (ghibah).

13. Menepati janji dan amanah yang diberikankepadanya.

14. Berbakti kepada kedua orang tua.

15. Menyambung silaturahmi dengan karib kerabatnya,sahabat terdekat dan terjauh.

Demikian beberapa ciri-ciri wanita Ahli Surga yangkami sadur dari kitab Majmu’ Fatawa karya SyaikhulIslam Ibnu Tamiyyah juz 11 halaman 422-423. Ciri-ciritersebut bukan merupakan suatu batasan tetapiciri-ciri wanita Ahli Surga seluruhnya masuk dalamkerangka taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Allah Ta’alaberfirman :

“ … dan barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya,niscaya Allah memasukkannya ke dalam Surga yangmengalir di dalamnya sungai-sungai sedang mereka kekaldi dalamnya dan itulah kemenangan yang besar.” (QS. AnNisa’ : 13).

Wallahu A’lam Bis Shawab.

Penulis: Azhari Asri dan Redaksi [MUSLIMAHXVII/1418/1997. ]
Semoga Allah melimpahkan taufik-Nya kepada kita semuauntuk amal yang dicintai dan diridhai-Nya. Shalawatdan salam semoga juga dilimpahkan Allah kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Álaihi Wasallam, segenap keluarga dan para sahabatnya.

No comments:

Post a Comment